INFO PENTING !!!

PEMERINTAH KABUPATEN SORONG TAHUN 2013/2014 HANYA MELAKUKAN PENGADAAN / TES SELEKSI CPNS MELALUI FORMASI TENAGA HONORER KATEGORI II DAN TIDAK MELAKUKAN PENGADAAN / TES SELEKSI CPNS MELALUI FORMASI UMUM / PELAMAR UMUM.....BKD TIDAK BERTANGGUNG JAWAB ATAS SEGALA SESUATU YANG MENGATASNAMAKAN PEJABAT NEGARA (BUPATI DAN WAKIL BUPATI) ATAU PEJABAT BKD..... UNTUK INFO LENGKAPNYA DAPAT MENGHUBUNGI BKD MELALUI KONTAK / LANGSUNG KE KANTOR BKD. TERIMA KASIH.

Minggu, 26 Oktober 2014

PENGUMUMAN LOLOS VERIFIKASI BERKAS PESERTA UJIAN CAT FORMASI KHUSUS CPNS/ASN PUTRA-PUTRI ASLI PAPUA TAHUN 2014

Sebanyak 646 Pendaftar CPNS atau Calon ASN (Aparatur Sipil Negara) dalam Formasi Khusus Putra Putri Asli Papua telah dinyatakan lolos persyaratan berkas administrasi dan telah diperiksa secara teliti oleh Tim Verifikasi yang dipimpin oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.


Kepala BKN Kanreg IX Jayapura yang telah ditunjuk oleh Kepala BKN Pusat untuk melakukan verifikasi telah melaksanakan tugasnya sebagai Koordinator Tim Verifikasi dan telah mencapai kesepakatan bersama anggotanya untuk menetapkan 646 Pelamar Lolos Verifikasi Berkas dan masuk Daftar Peserta Test CAT dan berhak untuk mengikuti Test Kompetensi Dasar (TKD) yang akan dilakukan secara langsung dengan menggunakan fasilitas komputer di Jayapura yaitu di Kantor BKN Kanreg IX Jayapura pada tanggal 3-5 November 2014, di Manokwari yaitu di Kampus UNIPA Manokwari pada tanggal 10-12 November 2014 dan di Jakarta yaitu di Kantor BKN Pusat pada tanggal 15 November 2014.

Panitia Seleksi Nasional CPNS/ ASN yang dipimpin oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) telah memberikan kepercayaan kepada UP4B sebagai lembaga fasilitator Pengumuman, Pendaftaran dan Fasilitasi pelaksanaan test formasi tersebut yang telah dipublikasikan lewat situs web: www.up4b.go.id dan media cetak lokal di Papua dan Papua Barat. Pendaftaran Formasi ini telah dibuka sejak tanggal 25 September 2014 hingga tanggal 9 Oktober 2014 yang telah diperpanjang lagi hingga tanggal 19 Oktober 2014 dan batas akhir penyerahan berkas lamaran yaitu pada tanggal 15 Oktober 2014 yang telah diundurkan pula hingga tanggal 23 Oktober 2014 guna mengejar jumlah pelamar dan khususnya untuk beberapa formasi jabatan tertentu dan kualifikasi pendidikan tertentu yang belum ada pendaftarnya S1 Sekretaris, S1 Pustakawan dan Dokter Hewan. Pendaftaran online dilakukan dengan dua tahapan yaitu dengan mengisi formulir pendaftaran pada situs web: regpanselnas.menpan.go.id untuk mendapatkan username dan password yang akan dipakai saat login di situs web: sscn.bkn.go.id untuk melamar jabatan dalam formasi khusus CPNS/ASN yang dibuka lowongannya oleh 74 Kementerian/Lembaga Pemerintah Pusat.

Verifikasi yang dilaksanakan adalah menyeleksi para calon yang mempunyai kesesuaian data fisik dalam berkas lamaran dengan yang dipersyaratkan, yaitu pelamar harus memiliki garis keturunan ayah asli Papua (patrilineal asli Papua), harus memiliki IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) paling rendah 2.50 untuk jenjang Pendidikan Strata Satu (S1) dan Diploma Tiga (D3) yang tercantum pada Transkrip Nilai yang telah dilegalisir oleh pejabat berwenang, harus melampirkan copy Ijazah legalisir yang sah dan memiliki nomor seri Ijazah serta akreditasi yang sesuai. Verifikasi juga dilakukan untuk menyeleksi kesesuaian pilihan jabatan yang dilamar dengan kualifikasi pendidikan yang dimilki. Keaslian Papua secara patrilineal merupakan syarat pembaruan setelah pada Formasi CPNS yang sama tahun 2013 yang lalu, garis keturunan orang tua ibu asli Papua (matrilineal) masih diloloskan dengan syarat marga yang digunakan oleh pelamar adalah marga ibunya dan tertera pada Akta Kelahiran serta Ijazahnya. Kesesuaian antara berkas lamaran dan informasi yang telah dimasukkan pada waktu mendaftar secara online juga dipersandingkan untuk diteliti dan dinilai oleh tim verifikasi untuk penentuan lolos.

Dari 888 pelamar yang telah berhasil mendaftar pada SSCN BKN secara online dan memiliki Kartu Tanda Bukti Pendaftaran, 43 pelamar memilih lokasi test Jakarta, sedangkan pelamar dari Provinsi Papua yang berlokasi test Jayapura berjumlah 442 orang dan 403 pelamar untuk wilayah Provinsi Papua Barat yang akan berlokasi test di Manokwari. Setelah dilakukan verifikasi secara detail, dari jumlah total diatas telah berkurang yaitu dari 43 pelamar Jakarta, hanya 16 orang yang memasukan berkas dan hanya 12 orang yang dinyatakan lolos administrasi berkas. Dari 442 pendaftar dengan pilihan lokasi test Jayapura hanya 366 orang yang memasukan berkas dan sebanyak 346 peserta yang lolos administrasi berkas, sedangkan untuk test CAT di Manokwari, dari 403 pelamar yang terdaftar di system online hanya 336 Pelamar yang memasukan berkas dan sebanyak 288 pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi berkas dan berhak mengikuti Test. Beberapa pelamar yang memasukan berkas dengan salah pilihan instansi atau mendaftar langsung pada Kementerian/ Lembaga tidak dapat diloloskan karena sesuai alur pendaftaran di SSCN BKN diharuskan memilih tujuan instansi lamaran online Formasi ini yaitu Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat.

Bagi pelamar yang dinyatakan lolos seleksi berkas administrasi untuk mengikuti Test CAT dapat mengambil Kartu Peserta Test CAT pada Kantor UP4B Jayapura pada tanggal 29-31 Oktober 2014 atau pada saat try out test yaitu pada tanggal 3 November 2014 di Kantor BKN Kanreg IX Jayapura, di kantor Kantor UP4B Manokwari pada tanggal 03-07 November 2014 atau pada saat try out test pada tanggal 10 November 2014 di Puskom UNIPA Kampus Amban, dan Kantor UP4B Jakarta pada tanggal 29 Oktober 2014 sampai dengan tanggal 14 November 2014 dengan menunjukan KTP (Kartu Tanda Penduduk) Asli dan menandatangani Kartu Peserta copy yang akan diserahkan kepada Panitia Test dilokasi masing-masing. Pelaksanaan Try Out atau Percobaan adalah proses pengenalan yang dimaksudkan untuk membekali para peserta dengan ketrampilan mengoperasikan komputer yang diperlukan pada saat test CAT dan dilakukan langsung di tempat pelaksanaan test sehari sebelum test yang dengan menggunakan komputer yang akan dipakai pada saat test CAT di hari berikutnya. (Pengumuman Daftar Nama dapat di download pada link data PDF dibawah ini). Formasi CPNS/ ASN Khusus bagi Putra-Putri Asli Papua untuk menduduki jabatan tertentu pada kementerian dan lembaga di berbagai lembaga pusat pemerintahan merupakan kebijakan afirmasi yang diprakarsai UP4B untuk memaksimalkan keterwakilan Orang Asli Papua pada instansi pemerintah di tingkat Pusat dan sebagai keberpihakan memPapuakan Indonesia (Boyke Jufuway, UP4B)

Penyebab tidak lolos verifikasi berkas:
Ayahnya non Papua, Ijazah tidak valid, IPK tidak cukup, Usia melebihi 35 tahun per 1 Sep 2014

Hubungi UP4B melalui email uppppb@gmail.com untuk konfirmasi.

1. Pengambilan kartu peserta ujian CAT tidak dapat diwakilkan di kantor UP4B atau pada saat Try Out.
2. Membawa KTP yang digunakan saat pendaftaran.



Kartu peserta ujian CAT bisa diambil saat Try Out.
Pengumuman pembagian kelas ujian CAT akan diumumkan kemudian.

Lampiran:
20141027-LolosVerifkasiBerkasCPNSFormasiKhususOAP2014.pdf (bisa diakses pada link di bawah ini)
https://drive.google.com/file/d/0B1-vDyqLSXGnZGtudU5FdnpSb1E/view?usp=sharing